WeChat Pay Masuk, Kompetisi Sistem Pembayaran Online Indonesia Makin Ramai

Benbanii - Sistem pembayaran online di Indonesia akan diramaikan dengan adanya WeChat Pay, sistem pembayaran dari aplikasi WeChat asal China yang sudah mengantongi ijin secara legal dari Bank Indonesia (BI). Memang aplikasi ini sudah lama jadi perbincangan untuk masuk ke pasar Indonesia.

Mengapa WeChat ingin main di sistem pembayaran online di Indonesia?

Indonesia dengan penduduk lebih dari 250 juta jiwa menjadi pasar yang empuk bagi WeChat Pay untuk ikut bermain di sistem pembayaran online. Menjadi aplikasi asing pertama yang terjun di sistem pembayaran, tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi WeChat. Sebabnya selama ini memang kompetisi sistem pembayaran online populer dikuasai pemain lokal seperti Go-pay, Ovo, Dana dan LinkAja.
Sistem pembayaran online populer
Alasan lain adalah banyaknya turis dari China yang berkunjung di Indonesia dan mereka cukup kesulitan untuk melakukan pembayaran online. Karena itulah kehadiran WeChat Pay akan sangat membantu sekali, meskipun tidak menutup kemungkinan kalau orang Indonesia juga bisa menggunakannya.

Apa saja syarat yang dibutuhkan WeChat Pay?

Sebagai pemain asing di bidang sistem pembayaran online Indonesia, WeChat Pay harus memenuhi beberapa syarat diantaranya adalah bekerja sama dengan Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU). Bank yang dipilih adalah Bank CIMB Niaga Tbk. Selain itu izin QRIS juga telah dikantongi sehingga hal ini memuluskan langkah di pasar dalam negeri ini.

Bagaimana dengan peluang pemain lain?

Setelah WeChat Pay lolos menjadi penyedia jasa sistem pembayaran online di Indonesia, Alipay selaku sistem pembayaran milik Alibaba akan menyusul segera. Hal ini akan menjadikan kompetisi di dunia pembayaran digital semakin seru karena adanya pertarungan antara pemain domestik dan luar negeri.
WeChat Pay

Adakah keuntungan untuk Indonesia?

Bagiamanapun juga, kehadiran WeChat Pay akan membantu pencatatan pembayaran yang dilakukan para penggunanya karena menggunakan QRIS. Selama ini belanja yang dilakukan para wisatawan yang tentunya memilih sistem pembayaran asing, tidak tercatat secara jelas.
Keuntungan lain dari masuknya WeChat Pay dalam kompetisi sistem pembayaran online adalah memaksa para pelaku usaha untuk lebih melek teknologi dan berpartisipasi dalam kemajuan teknologi ini.

Comments

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona