7 Fakta Mengejutkan Ibu Kota Baru Indonesia

Benbanii - sudah pada tahu kalau Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur sebentar lagi akan berubah status menjadi ibu kota baru Indonesia? Hal yang tentunya menjadi kabar yang mengejutkan bagi seluruh penduuk Indonesia. 

Kenapa sih sebuah kabupaten di luar pulau Jawa dipilih menjadi ibu kota negara yang baru?

Ternyata ada beberapa fakta unik yang menjadikan Presiden Jokowi memilih tempat ini sebagai Ibu Kota Baru Indonesia. 
Apa saja fakta unik tentng ibu kota baru itu?

  • Kabupaten termuda

  • Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan salah satu kabupaten termuda di negara ini yang terbentuk di tahun 2002. Sebelumnya bergabung dengan kabupaten Pasir. Sebagai daerah pemekaran baru, kabupaten ini tentunya siap menyongsong perubahan dengan semangat baru demi menjadi sentra dari negara Indonesia ini.
id.wikipedia.org
Kabupaten Penajam Paser Utara

  •  Bebas bencana

  • Bukan berarti menganggap sombong, akan tetapi Kalimantan memang secara geografis lebih aman dari berbagai bencana alam seperti gempa bumi, gunung berapi, tsunami dan longsor. Ini merupakan hasil kajian dari Pakar terkait yang tentunya jadi acuan utama Presiden untuk memilihnya sebagai ibu kota baru.
unsplash.com
Tidak ada Gunung Berapi

  • Pusat Indonesia

  • Terdengar cukup mengagumkan karena letak Kalimantan secara geografis berada di tengah-tengah Negeri Indonesia tercinta ini. Hal ini jadi kabar bagus karena distribusi ekonomi akan lebih merata ke arah barat ataupun timur negeri ini. Tentunya yang namanya pusat pemerintahan memang sebaiknya terletak di tengah dong.
Penajam paser utara

  • Infrastruktur cukup siap

  • Bisa dibilang infrastruktur Penajam sebagai ibu kota baru Indonesia sudah cukup siap. Hal ini tidak terlepas dari kedekatan kota ini dengan Samarinda dan Balikpapan sebagai kota terbesar di pulau Kalimantan sehingga tidak perlu membangun dari awal lagi. Pasokan dari kedua kota besar tersebut sudah cukup bisa membantu menopang Penajam.
boombastis.com
Infrastuktur sudah siap

  • Penduduk setempat masih berdiam disana

  • Suku Dayak sebagai penduduk asli masih tinggal di daerah ini. Hal ini berarti meski menjadi ibu kota baru, tapi identitas budaya lokal masih bisa dipertahankan. Sama halnya dengan Jakarta dan suku betawinya. Bahkan penduduk setempat juga cukup terbuka karena mereka juga sering berinteraksi dengan para pendatang.
wikipedia.org
Suku Dayak

  • Wisata alam dan budaya

  • Sebelum dipilih sebagai ibu kota baru, Kabupaten Penajam memang sudah memiliki wisata alam yang cukup cantik seperti Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Sipakario. Tidak lupa juga ada wisata budaya yaitu pesta adat Nandoi yang merupakan perayaan khas warga setempat.
Pantai di Penajam

  • Transportasi yang cukup mudah

  • Dekatnya lokasi ibu kota baru Indonesia ini dengan Balikpapan dan Samarinda berimbas pada mudahnya transportasi menuju tempat ini. Bandara dan Pelabuhan, sebagai akses utama sudah tersedia sehingga orang bisa dengan mudah datang ke Kabupaten Penajam. Demikian juga dengan akses darat yang sudah bisa dilalui dengan baik.
Transportasi cukup mudah

Itulah 7 fakta unik tentang Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai ibu kota baru Indonesia di masa depan. 5 tahun lagi tepatnya di tahun 2024, kita sudah harus bersiap dengan era baru yang menjanjikan ini tentunya. 
Yuk sobatben, bersiap kesana!

Comments

Popular posts from this blog

Ijen-Baluran dalam sehari

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona