Luar Biasa, Sekarang Bisa Panen Ikan Salmon di Dubai Lho

Benbanii - kalau mendengar tentang panen ikan salmon, biasanya orang akan langsung menyebut negara-negara dingin seperti Norwegia, Islandia, Kanada dan Alaska. Disanalah habitat ikan salmon karena memang membutuhkan suhu yang dingin dengan air yang deras alias sungai yang punya arus.

Gimana kalau ada ternak ikan salmon di negara panas?

Dubai adalah jawabannya. Banyak yang meragukan karena suhu panas bisa mencapai 45°C membuat banyak orang meragukan proyek ambisius ini.
Peribahasa nothing is impossible mungkin berlaku di Dubai karena mereka bisa buktikan kalau ternak dan panen ikan salmon bisa dilakukan di negara mereka dengan suhu panas ala gurun pasir. Hal yang cukup mengagumkan ya!
Terkenal karena gedung tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa, bukan berarti Dubai berhenti mengejar ambisi. Ternak ikan salmon di negara mereka yang terlihat tidak mungkin, ternyata bisa diwujudkan. Bahkan panen rutin setiap bulan bisa dilakukan.

Gimana caranya mereka ternak salmon?
Ternak Ikan Salmon



Ternyata rahasia utama adalah mereplikasi habitat asli ikan salmon ke Dubai. Arus deras dengan suhu sejuk ala samudera Atlantik bisa dibuat hingga terlihat seperti aslinya. 
Inilah yang membuat ikan salmon tetap bisa bertahan hidup bahkan berkembang biak sepeti biasanya. Penyesuaian lingkungan ikan salmon dilakukan dengan melihat berbagai hal seperti kadar garam atau salinitas, intensitas cahaya, arus hingga suhu yang sesuai.
Tantangan terbesar yaitu membuat lingkungan semirip mungkin dengan aslinya berhasil dijawab dan Dubai kembali lagi memenuhi ambisisinya. Keren ya!
Oh iya, lokasinya bisa kamu temukan di Salmon Farm, Dubai Investment Park 2.
Panen Salmon di Dubai

Ada pro-kontra tentang ternak ikan salmon di Dubai?

Pastinya selalu ada yang pro dan kontra tentang ternak ikan salmon ini. Mereka yang pro tentunya sangat mendukung supaya Dubai bisa memenuhi kebutuhan sendiri walaupun perlu tantangan besar. 
Sedangkan tim kontra tidak setuju dengan ternak salmon di lingkungan duplikat karena ikan salmon tidak akan sebebas lingkungan aslinya. Selain itu juga ada kemungkinan peningkatan emisi karbon dan energi selama pemeliharaan ikan salmon.
Proyek ambisius fantastis yang berhasil dikebut Dubai memang luar biasa walaupun banyak kritik dari pihak yang kontra.
Bagaimanapun tetap saja salmon Dubai bisa dibilang sebagai salah satu kesuksesan mereka selanjutnya. Sebuah negara yang tadinya hanya padang pasir, tapi sekarang sudah berubah menjadi tempat dimana berbagai inovasi menakjubkan berhasil diwujudkan.

Sumber : Economictimes

Comments

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona