Jalan-Jalan Sembari Hilangkan Penat Sejenak di Kawah Ijen Banyuwangi

Benbanii - Berkunjung ke ujung timur pulau Jawa, kamu akan menemukan Kawah Ijen Banyuwangi sebagai satu objek wisata yang mungkin harus dikunjungi sekali seumur hidup sebagai seorang traveller. Walaupun jauh, kalau bisa sempatkan 5 hari untuk mengeksplor kota yang terletak di ujung pulau ini.
Kawah Ijen

Kenapa harus ke Kawah Ijen?

Objek wisata ini merupakan kawah dari Gunung Ijen dengan panorama luar biasa menakjubkan yang akan memberikan kepuasan dan ketenangan sendiri saat mengunjunginya. Walaupun diperlukan pendakian selama kurang lebih dua jam tapi semua itu akan terbayar saat sampai di atas.
Blue Fire
Hal utama yang dikejar setiap wisatawan adalah adanya fenomena Blue Fire atau pemandangan api biru yang berasal dari pembakaran belerang di dalam bawah. Hebatnya Blue Fire  ini cuma ada dua di dunia lho, yaitu di Islandia dan Kawah Ijen tentunya.

Demi melihat fenomena alam ini tentunya kamu harus siap mendaki dan pendakian harus dilakukan dini hari. Yap, Kawah Ijen Banyuwangi memang ramai didatangi wisatawan setelah jam 12, karena api biru akan terlihat mulai jam 2-4 pagi saja. 

Jangan lupa siapkan jaket dan baju hangat karena suhu pasti di     bawah 10°C. Jadi harus benar-benar siap stamina ya tentunya. Satu hal lagi, bawa masker karena bau belerang yang sangat menyengat.

Begitu sampai di bibir kawah, kamu bisa turun untuk mengambil gambar lebih dekat dan jelas. Mengambil gambar dari atas pun sebenarnya sudah cukup walaupun gambar tidak terlalu jelas. 

Sunrise di Ijen
Saksikan juga matahari terbit disini sambal menghangatkan badan sebentar, setelah hawa dingin menyerang sekujur badan.

Setelah puas di kawah, kamu harus kembali jalan ke bawah. Disana kamu akan menemui para penambang belerang yang membawa muatan belerang hingga 60kg dengan peralatan seadanya. Bahkan mereka sudah bekerja selama bertahun-tahun tanpa mengeluh capek. Wow keren sih!!
Penambang Ijen
Harga tiket masuk ke kawah ijen banyuwangi adalah 
  •  Wisatawan lokal : Rp 5.000 hari biasa dan Rp 7.500 akhir pekan
  • Wisatawan luar negeri: Rp 100.000 hari biasa dan Rp 150.000 akhir pekan

Gimana caranya menuju kawah ijen Banyuwangi?

Kamu bisa naik kendaraan ke Pos Pendakian Paltuding, sebagai titik awal pendakian. Pastikan kamu menyewa kendaraan dan jangan menyetir sendiri karena kamu akan sangat capek nantinya. Perjalanan ke Paltuding sekitar 1 jam dari pusat kota Banyuwangi.
Di Paltuding ada warung kopi, persewaan masker dan juga toilet, jadi kamu bisa siap-siap disini sebelum mendaki.
Sudah siap melihat api biru di Kawah Ijen Banyuwangi? Yuk selamat mendaki dan hilangkan penat karena pekerjaan.

Comments

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona