Simpati Dunia Untuk China di tengah Wabah Virus Corona

Benbanii - Wabah virus corona yang merebak sejak sekitar sebulan terakhir memang membuat gempar dunia. Tidak hanya itu, China sebagai negara yang dianggap sebagai asal virus corona, tepatnya di kota Wuhan Provinsi Hebei, sangat terpukul dari berbagai sisi seperti ekonomi, hingga turisme.
Banyak negara yang langsung mengevakuasi warganya keluar dari China selepas adanya wabah virus corona. Semua langkah dilakukan untuk memastikan warga negaranya aman dan bebas dari virus. Salah satu negara yang melakukan itu adalah Indonesia.  Langkah berikutnya adalah banyak maskapai yang membatalkan penerbangan ke China, terutama menuju Wuhan.
Saat ini korban wabah virus corona telah merebak di lebih dari 26 negara seperti Amerika Serikat, Inggris, India dan beberapa negara lainnya. Bahkan negara tetangga Malaysia dan Singapura telah melaporkan bahwa warganya positif terinfeksi virus corona.
Meskipun belum ada korban yang terinfeksi virus corona asal Indonesia. Info terbaru menyebutkan pemerintah melalui TNI AU baru saja mengevakuasi menggunakan pesawat Batik Air dari Wuhan menuju Batam. 
Bildergebnis für angkut WNI dari wuhan'
Evakuasi WNI dari Wuhan

Simpati untuk China dari dunia

Meskipun banyak negara ingin menjauhkan warganya dari China akibat wabah virus corona, simpati untuk China tetap berdatangan. Mereka tetap berusaha membantu China dengan mengirimkan berbagai perlengkapan medis seperti masker, pakaian pelindung hingga obat-obatan.
Bildergebnis für bantuan indonesia ke china
Indonesia persiapkan bantuan
Cepatnya penyebaran virus corona ini mengakibatkan tingginya permintaan keperluan medis yang cukup tinggi. Itulah kenapa China mengapresiasi langkah mereka yang ikut turun tangan untuk membantu meredakan kesedihan negara asal binatang panda ini.
Pemerintah China menyatakan terima kasih ke beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Indonesia sendiri mengirimkan banyak sekali bantuan medis yang masih belum bisa dikonfirmasi jumlahnya.
“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua negara yang memberikan dukungan kepada China, terutama setelah wabah virus corona merebak”, demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri negeri tirai bambu itu.
Bagaimanapun juga, langkah pemerintah Indonesia harus diapresiasi, meskipun beberapa bulan yang lalu Indonesia sempat berseteru dengan China terkait Laut China Selatan. Setidaknya rasa kemanusiaan mengalahkan segalanya termasuk tensi politik antara kedua negara sekalipun.

Comments

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona