German Camp Sebelum Camp Beneran di Jerman

German Camp atau Deutsch Abenteuer itu semacam camping dengan rasa jerman bingit. Peserta yang berasal dari berbagai daerah, walaupun sebagian besar adalah anak SMA tetep memiliki daya tarik yg tersendiri. Pesone negara jerman sebagai tujuan belajar sangatlah menarik bagi para peserta dan panitia tentunya. Entah mengapa sempat merasa tua karena hanya ada beberapa mahasiswa dari seluruh peserta. Tapi perasaan itu segera hilang karena mengingat panitia juga mahasiswa hahaha
Motivasi yg sama untuk ikut acara ini yaitu ingin studi di jerman. Kenapa? 
-Jerman sebagai salah satu negara maju di muka bumi ini. 
-Fasilitas pendidikan yg ciamik dan sangat mendukung. 
-Banyak produk jerman yg sangat familiar yaitu mercedes, BMW, nivea, Siemens dll
-Jerman sebagai negara terbaik dalam hal mengolah sampah
-Bahasa yg rumit tapi cara membaca hampir sama dgn bahasa indonesia
Itu cuma beberapa alasan yg dapat disimpulkan mengapa mereka ikut acara ini. Kemampuan bahasa jerman mungkin bukan suatu hambatan bagi meraka toh juga sama-sama masih belajar. adanya pembicara native jerman juga bakal menambah motivasi sendiri. Target peserta ada yg ingin lanjut kuliah S1 dan S2 di jerman membuat semangat yg dulu menghilang kini kembali membara.
Biaya? mungkin biaya masih bisa diatasin dengan 'kekreatifan' tiap individu karena seperti kata pepatah 'there is a will then there is a way'. Yg penting itu adalah penguasaan bahasa jerman karena untuk kesana kita harus bisa berbahasa jerman dengan baik dan benar sesuai dengan ejaan yg berlaku. hahahaha lol
Acara german camp ini dikemas cukup menarik yah walaupun perlu sedikit penambahan sesi yg mengharuskan latihan berbahasa jerman. hahaha iya wajib dong hukumnya!

Pembicara yg mengisi materi tentang bagaimana studi di jerman, kehidupan disana, sejarah jerman hingga pengelolaan sampah di jerman. Das ist wunderbar!! Aku akui antusias peserta sangatlah tinggi karena adanya dorongan motivasi itu. Dan bahkan banyak diantara mereka yg memiliki kemampuan bahasa jerman jauh di atas *jadi iri* hehehe dimana hal ini dapat dijadikan bahan untuk belajar dari setiap orang tanpa perlu memandang usia, ras dan suku. 

Disini aku belajar bahwa untuk bisa menguasai suatu bidang, berikan ratusan bahkan ribuan jam waktumu untuk mempelajari bidang itu. Bahasa jerman itu gampang-gampang susah. Toh banyak orang indonesia di jerman dan kalau mereka bisa, why not??
Semangat teman-teman yg masih SMA aja selangit masa yg udah kuliah kalah?? Bukan soal usia atau apa, tapi ini soal mental dan semangat. Bahkan ada temen SMP yg lama tinggal disana semasa dia kecil *sebut saja amara* hahaha. Jangan lihat faktor lain tapi liat kemampuan dia berbahasa yg tentunya bakal menjadi cambuk buat lebih baik :)) Para panitia yg mahasiswa pun tentu sama-sama belajar. Disini penting bingit buat sharing ilmu atau apapun khususnya tentang budaya dan bahasa jerman. 
Tentunya selepas acara ya semoga nanti bisa saling ketemu di negara jerman. Yuk sama-sama berjuang dan berdoa untuk menuju kesana. Jerman udah nungguin tuh, mau gag kamu?? Deutschland wartest auf ihnen und moechtest du? :))
Mungkin ini cuma sekedar german camp tapi suatu saat keinginan kuat akan berbuah kenyataan dengan menjalani camp di jerman  dengan kata lain tinggal di jerman untuk studi atau apalah :))

Comments

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona