Mudik cuma di Indonesia?

Mudik. Sudah jadi tradisi sejak dulu kala. Banyak orang berpikir mungkin hanya ada di Indonesia. Dan mudik terjadi saat hari lebaran. Inilah yang membuat keunikan tersendiri di Indonesia.
Mendengar kata mudik, tentu langsung terngiang dengan kata kumpul dan keluarga. Hal yang sangat diharapkan tentunya oleh para pemudik karena mereka telah kerja merantau dari daerah asalnya dan akhirnya mereka pulang ke kampung halaman di masa lebaran. Kebahagiaan karena berkumpul bersama keluarga menjadi jaminan,walaupun harus dibayar dengan rasa lelah perjalanan yang diperparah dengan adanya kemacetan. Tak hanya kemacetan tapi juga para pemudik harus siap menghadapi resiko kecelakaan karena kelelahan dan mengantuk.
Berbagai halangan yang sudah menjadi berita utama di media massa sepanjang tahun tetap tidak mempengaruhi minat untuk melakukan mudik. Bahkan setiap tahun jumlah para pemudik terus bertambah. Hal yang masuk akal mengingat jumlah pemilik kendaraan bertambah dan juga selepas mudik biasanya para pemudik membawa keluarganya ke Ibukota untuk mencarikan lapangan pekerjaan.
Apakah ini menjadi beban untuk negara? Tentunya tidak selama para pemudik tahu kalau mereka membawa keluarga dengan skill, tidak hanya modal nekat untuk mencari pekerjaan baru. Ekonomi Indonesia yang terpusat di Jakarta memang menjadi magnet tersendiri bagi hampir setiap orang. Sehingga setiap mudik terjadi, sebagian besar para pemudik akan berangkat dari Jakarta.
Bagaimana di negara lain?
Ternyata fenomena mudik tidak hanya ada di  Indonesia. Banyak negara yang warganya melakukan mudik di event tertentu.
1. Malaysia
Tentu  sama dengan Indonesia, sebagai negara muslim, mereka melakukan mudik di hari Lebaran. Tapi mengingatnya banyaknya masyarakat Tionghoa disana, mudik juga dilakukan saat hari raya imlek. Mudik Malaysia dikenal dengan istilah "Balik Kampung".

2. Tiongkok
Di negara dengan penduduk terbanyak ini mudik juga terjadi selama hari raya Imlek. Bahkan diklaim sebagai mudik terbesar di muka bumi. Wajar saja  mengingat jumlah penduduknya yang melebihi angka 1,5 milyar jiwa.
3. Bangladesh
Jutaan pemudik kembali ke kampung halamannya untuk mengunjungi sanak keluarga dan kerabat. Di Bangladesh, warganya akan menyerbu transportasi bis kota dan kereta api untuk mudik. Sedangkan 
4. India
Sebagai negara dengan mayoritas hindu, tentunya mudik dilakukan saat hari raya besar umat Hindu. Meski mudik dilakukan juga saat hari raya lebaran maupun hari raya umat Sikh.
5. Amerika Serikat
Thanksgiving Day
Di negara adidaya yang dikenal dengan nama Paman Sam ini mudik dilakukan saat perayaan festival Thanksgiving. Hari ketika mereka mengunjungi para keluarganya dan biasanya mereka menyantap hidangan khas yaitu daging kalkun.
6. Thailand
Festival Songkran Thailand
Di negeri gajah putih ini, mudik dilakukan saat perayaan festival Songkran atau tahun baru Thailand yang sangat penting bagi mayoritas umat Buddha disana. Warga Bangkok akan pulang kampung. Festival ini sering diartikan sebagai perang air dan pertunjukan budaya khas Thailand.

7.     Turki
Bayrami di Turki
Turki sendiri lebih menekankan pada tradisi mengunjungi makam keluarga di hari lebaran atau dalam bahasa Turki sering disebut “Bayrami”. 

Ternyata mudik tidak hanya ada di Indonesia, tapi tetap saja sebagai orang Indonesia mudik menjadi keunikan tersendiri. Walaupun mudik memang identik dengan pulang kampung dari kota besar menuju kampung halaman. Sebuah tradisi yang tak akan lekang ditelan oleh waktu.
sebuah keunikan yang tentunya menjadi kebanggaan sebuah negara termasuk Indonesia dalam menarik minat wisatawan. Tentu saja, tradisi tetap berjalan karena bertemu dengan keluarga adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi.
Jadi buat yang mau mudik. Selamat menikmati mudik dan selamat lebaran!


Comments

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona