Efek Perubahan dalam 10 Tahun Terakhir di Negeri Ini

Era globalisasi yang semakin berkembang dewasa ini tentunya berimbas pada berbagai sector kehidupan yang ada di negeri. Berbagai sector itu meliputi style, teknologi, travel, makanan dan masih banyak lagi. Manusia yang hidup selalu mengikuti perkembangan jaman tentunya ingin selalu update dengan hal-hal yang menjadi tren di sekitar mereka karena tentu saja mereka tidak ingin dianggap ketinggalan jaman.
Salah satu yang perubahan yang mencolok adalah pada style. Kata style tentu tidak akan jauh dari fashion maupun kecantikan.  Dalam 10 tahun terakhir ini terjadi perubahan fashion yang cukup drastis. Kalau dulu banyak para desainer menonjolkan kesan ala barat karena modernitasnya, maka dewasa ini mulai bermunculan fashion dengan mengutamakan budaya lokal sebagai daya tarik utama. Banyak orang mulai sadar untuk menggunakan baju batik maupun baju dengan motif ala Indonesia.
Batik mulai ditonjolkan dalam dunia fashion negeri ini
Hal ini tidak terlepas dari kesadaran para pemuda akan pentingnya nasionalisme. Ide mereka yang semakin kreatif akhirnya dituangkan dalam berbagai macam desain termasuk pakaian yang mereka kenakan sehari-hari.  Salah satu contoh nyata adalah penggunaan batik. Awalnya batik hanya dipakai saat acara pernikahan maupun acara tradisional lainnya, tapi sekarang banyak orang memakai batik untuk sekedar berjalan-jalan bahkan kuliah maupun bekerja. Bahkan beberapa instansi memberikan hari khusus mengenakan batik atau dikenal dengan nama Batik’s Day. 
Demikian pula dengan kecantikan yang mengalami perubahan cukup drastis. Awalnya orang memandang bahwa kecantikan akan diperoleh melalui berbagai jenis perawatan maupun kosmetik. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kecantikan alami lah yang justru menjadi semakin popular. Semakin banyak orang hanya menggunakan peralatan kosmetik seperlunya bahkan membatasi penggunaannya untuk tetap memancarkan kecantikan alami. Kecantikan akan selalu berdampingan dengan fashion dimana kecantikan alami menjadi terlihat sempurna dengan fashion yang mengangkat keindahan budaya negeri ini.
Kecantikan alami yang semakin populer
Selain fashion, perubahan teknologi juga memegang peranan penting di kehidupan ini. Mengingat hanya dalam waktu 10 tahun, teknologi telah berkembang pesat bahkan secara drastis dan tidak terbayangkan sebelumnya. Yang paling mudah dilihat adalah handphone. Di awal tahun 2000 orang menggunakan handphone hanya untuk menghubungi kerabat maupun mengirimkan pesan SMS dan itu sudah lebih dari cukup. Majunya teknologi membuat handphone (sekarang dikenal dengan nama smartphone) tidak lagi hanya berguna untuk menelpon maupun berkirim pesan tapi juga mendengarkan music, koneksi internet bahkan saling bertatap muka menggunakan teknologi yang tersedia di smartphone. Banyak contoh lainnya mulai adanya social media dan lainnya yang tentunya menjadi anugerah karena mempermudah urusan manusia dalam hidupnya. Berbagai hal yang tadinya dirasa lama dan berat untuk dilakukan, kini cukup mudah karena cukup menggunakan fasilitas di smartphone.

Perkembangan Telepon Seluler
Smartphone yang telah menjadi gaya hidup
Sayangnya kemajuan teknologi juga memiliki efek negatif. Banyak slogan yang berbunyi ”teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”. Hal ini tentu saja benar mengingat kita bisa menghubungi kerabat yang ada di negeri seberang tapi justru kita semakin menjauh dari mereka karena terlalu asyik menggunakan smartphone ini. Lebih dari itu perkembangan teknologi membuat manusia cenderung malas sehingga mereka menjadi terlalu mengandalkan teknologi hampir di semua aspek kehidupan. Hal ini bisa berujung pada kutukan yang disebabkan teknologi apabila tidak diantisipasi dari awal. Bagaimanapun perubahan teknologi di negeri ini memudahkan manusia akan tetapi masih ada beberapa hal yang kita bisa lakukan dengan sempurna tanpa adanya teknologi.
Bagaimana dengan travel atau jalan-jalan? Sekarang ini semakin banyak tempat wisata yang tersedia dan tentunya lebih bervariasi disbanding satu dekade lalu. Banyak tempat wisata bermuculan yang membuat kita lebih mudah dalam menentukan tujuan wisata seperti wisata alam, budaya maupun sejarah. Salah satu contohnya adalah pantai di Yogyakarta. Tadinya orang hanya mengenal pantai Parangtritis sebagai ikon dari Jogja, tapi lama kelamaan bermunculan pantai-pantai baru yang lebih indah karena banyak orang ingin mengeksplor lebih jauh lagi. Bahkan pantai di daerah Gunungkidul, Yogyakarta, menyediakan berbagai macam fasilitas mulai dari penginapan berkelas, snorkeling hingga wisata kuliner yang tersedia. Lokasi yang berjarak 2 jam dari pusat kota dan jalan yang naik turun bukanlah hambatan bagi mereka yang suka jalan-jalan. Terlebih mereka dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai pantai-pantai itu melalui social media ataupun kerabat. Tentu saja ini menjadi tempat liburan yang menarik bukan hanya mereka yang berdomisili di Jogja tapi juga beberapa kota lain. Sehingga dapat dikatakan hari ini semakin banyak pantai menarik bahkan masih ada lagi pantai yang lokasinya masih tersembunyi dibandingkan beberapa tahun yang lalu dengan jumlah terbatas dan fasilitas minim.
Pesona Pantai Indrayanti di Gunung Kidul Yogyakarta
Kalau membahas tentang travel tentu tidak akan terlepas dari makanan. Sebagai salah satu kebutuhan hidup, makanan akan selalu ada dan berkembang sesuai kebutuhan hidup. Meraka awalnya makan hanya mencari kelezatan dalam sebuah makanan tanpa mempertimbangkan efek samping. Dalam 10 tahun terakhir ini, ternyata banyak penelitian membuktikan kalau makanan harus dipertimbangkan kadar gizi dan kandungannya karena ini akan berpengaruh pada kesehatan. Banyak penyakit yang diakibatkan oleh makanan dan hal ini membuat adanya perubahan gaya hidup sehat yang mencakup pola makan.
Makanan sehat termasuk buah dan sayur mulai banyak dikonsumsi
Peduli makanan berarti peduli kesehatan. Beberapa hal yang menjadi tren dalam tahun-tahun terakhir ini adalah diet, kampanye makan sayuran, munculnya komunitas vegetarian dan masih banyak lagi. Semakin sadarnya masyarakat dalam mengkonsumsi makanan menjadikan mereka semakin paham akan kesehatan terutama dalam mengonsumsi buah dan sayur yang merupakan sumber yang aman untuk dikonsumsi.
Jadi adanya era globalisasi ini mengharuskan adanya perubahan selama 10 tahun terakhir di Indonesia yang meliputi fashion, kecantikan, teknologi, travel, makanan dan masih banyak lagi. Perubahan ini tentunya bertujuan untuk memudahkan kehidupan masyarakat dan selama ini dampak yang dihasilkan masih positif,meskipun ada beberapa hal yang cenderung mengarah kearah negatif. Kita tidak akan pernah bisa menangkal maupun menolak adanya perubahan karena itu adalah hal yang pasti terjadi dan kita harus siap menghadapinya. Bagaimanapun juga, langkah terbaik untuk menghadapi perubahan itu adalah mengambil hal positif dan membuang hal negatif, yang nantinya akan bermanfaat untuk bangsa ini bahkan di masa depan.
#BloggerDreamTeam

Comments

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona