Nikmati Pemandangan di Puncak Suroloyo

Jogja? Begitu mendengar kata Jogja pasti langsung terlintas dengan kata pariwisata. Baik itu wisata alam, budaya, pendidikan dan kuliner, jogja selalu menyajikan hal yang tidak akan pernah terlupakan. Puncak suroloyo bisa dibilang sebagai salah satu objek wisata baru di Jogja. Diatas puncak akan terlihat pemandangan luar biasa dan serasa berada di puncak pegunungan. Disini wisatawan yang tidak suka naik gunung, dapat merasakan sensasi naik ke puncak pegunungan menoreh, puncak Suroloyo hanya berada di ketinggian 1.019 mdpl.

Pemandangan utama yang dapat dilihat adalah gunung merapi, merbabu, sindoro dan sumbing dari kejauhan. Dengan syarat, cuaca cerah dan tidak ada kabut sehingga pemandangan menjadi lebih jelas. Sebenarnya puncak suroloyo hanyalah puncak yang terdapat bangunan gardu pandang dimana wisatawan harus menaiki lebih dari 250 anak tangga. Mungkin bagi sebagian orang, menaiki ratusan anak tangga terasa cukup melelahkan akan tetapi rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan yang mengagumkan dari atas.

Pemandangan ke puncak suroloyo sangat direkomendasikan untuk dilakukan pada pagi hari dengan melihat sunrise. Hal ini karena wisatawan akan melihat pemandangan yang sangat indah. Akan tetapi hal yang perlu diingat saat datang melihat sunrise adalah kewaspadaan ekstra karena berangkat dari Jogja harus sekitar jam 2 atau 3 dini hari. Dan minimnya penerangan serta jalan menanjak akan menjadi tantangan tersendiri yang bakal dihadapi. Musim kemarau tentu adalah waktu terbaik untuk mengunjungi karena pemandangan indah akan terlihat tanpa gangguan kabut, meskipun beberapa wisatawan kurang beruntung karena mendapati kabut saat musim kemarau.

Perjalanan kesana sebenarnya tidak terlalu jauh. Dari pusat kota Jogja bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 30 menit dalam kecepatan normal. Bagaimana dengan jalannya? Ada sekitar 10 – 15 km jalan yang menanjak ketika hampir sampai ke tujuan tetapi tidak terlalu tajam. Perjalanan dapat ditempuh melalui jalan Godean, belok kiri di lampu merah perempatan setelah pasar godean. Ikuti jalan terus hingga ketemu kantor kecamatan minggir dan belok kiri lalu belok kanan. Ikuti jalan yang mulai mengecil dan bukan jalan raya walaupun masih berupa jalan aspal. Setelah bertemu jalan menanjak terus naik hingga akhirnya sampai di puncak suroloyo.

Sebagai tempat wisata yang masih bisa dikatakan baru, mulai dikenal baru beberapa tahun yang lalu, belum ada biaya masuk untuk masuk. Hanya mengeluarkan biaya parker sebesar Rp 2.000 (motor) dimana ini perjalanan kami lakukan pada tanggal 7 Juni 2015. Terdapat beberapa warung kecil untuk sekedar membeli snack maupun air minum sehingga tidak perlu susah payah membawa bekal dari awal perjalanan. Bersantai sejenak setelah selesai menikmati pemandangan dari puncak dapat menjadi ide yang bagus sebelum melanjutkan perjalanan pulang atau objek wisata sekitar Suroloyo seperti kebun teh Samigaluh.

#travelling #local #Yogyakarta


Comments

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona