Kuliah dan passion, nyambung ya?

Apa sih tujuan dari kuliah? Cari kerjaan, cari ijazah atau ? coba pikirkan sekarang sejak awal kuliah hingga lulus (amin). Apa sih yang kita dapatkan? Pengalaman atau hanya nilai? Benar. Nilai itu penting karena nilai menentukan IPK dan IPK menjadi tiket masuk ke dunia kerja. Tetapi apakah hanya cukup focus ke IPK itu penting? Kebanyakan dari kita terlena dengan hal ini dimana kuliah hanya mengajar IPK cumlaude yang katanya sangat prestise. Aku sendiri mungkin tidak termasuk satu diantara mereka karena aku memang tidak berniat IPK cumlaude tetapi justru pengalaman ditunjang dengan skill dan passion yang mumpuni. That’s it. Selama kuliah di TIP UGM aku mencari apa itu passion dengan mengikuti berbagai kegiatan di dalam dan luar kampus. Ya tentu saja berakibat pada rasa lelah yang luar biasa di awal ditambah jadwal yang sempat berantakan. Itu semua hanyalah cerita yang mewarnai kehidupan selama kuliah dan menjadi kenangan manis. Mulai dari organisasi internal, eksternal hingga kepanitiaan event yang sangat wah sudah pernah dirasakan. Ibarat kata sudah sedikit makan asam garam hehehe. 
Kembali ke topik yang tadi kalau aku kuliah untuk mencari passion dan skill sedangkan IPK hanyalah aksesoris bagiku  ijazah? Kerjaan? Itu juga hanyalah pelengkap yang harus diperoleh. Sekarang ini yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mencari uang, bukan mencari kerja. Am I right? Diulangi lagi yaitu bukan cari kerja tapi cari uang. Caranya? Ada hubungannya dengan passion? Yap tentu saja, passion itu ketertarikan kamu terhadap sesuatu dan kamu jalani itu dengan antusias. Beda lho passion sama hobi. Kalau hobi kan lebih ke refreshing kan? Bahkan passion itu bisa memberikan kita karir yang cemerlang yang ujungnya mendapat kerja dan uang. 
So, kuliah selama kurang lebih 4 tahun itu harusnya dimanfaatin buat nemuin passion yang ada, selow aja pasti ketemu kok.  Tetapi bukan berarti mudah, kita harus berusaha keras supaya passion itu benar-benar cocok sama kita. jadi saat lulus kuliah nanti,kita sudah punya pegangan yaitu passion kita. Rejeki yang didapat dari passion itu rasanya wah banget. Semacam cetar membahana gitu deh hehehe. Coba deh pinggirin dulu niat utama buat cumlaude, ijazah dan kerjaan, utamain passion,skill dan pengalaman. Dijamin pasti beres . trust me it works ! 


Comments

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona