Geliat Ujung Selatan Daratan Asia

Mungkin tidak banyak yang mengenal Johor Bahru karena kota ini memang bukan kota wisata. Terlebih lokasinya yang berada tepat di seberang Singapura menjadikan kota ini hanya sebagai tempat penyeberangan antara Kuala Lumpur dan Singapura.
Kalau kamu berkunjung ke Johor saat ini mungkin akan terasa berbeda andaikan anda pernah datang beberapa tahun yang lalu. Banyak area yang mulai berubah meskipun pusat keramaian adalah di daerah JB sentral dan sekitarnya saja. 
JB sentral? Yap inilah pusat dari Johor Bahru dimana kamu bisa menuju ke berbagai area di negeri (wilayah) Johor maupun melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur atau Melaka (via terminal Larkin) atau menyeberang ke Singapura melalui Woodlands yang terletak tidak jauh dari JB sentral. Disamping itu ada pula Mall maupun tempat bersantai untuk menikmati malam Johor baru sambil menikmati santap malam dengan harga yang sangat terjangkau. NB : kalau makan di foodcourt JB sentral, isi ulang dulu kartu atau buat kartu member (baru), karena penjual makanan tidak menerima pembayaran cash.
 
JB Sentral

Food Court tepat di atas Mall JB sentral

Yang terbaru adalah dibangunnya Danga Bay sebagai area publik dan bisnis dalam satu area dimana hal ini akan menarik turis ke depannya nanti. Sepi di siang hari tapi begitu malam datang, akan banyak orang kesini sekedar untuk bersantai bahkan ada beberapa pertunjukkan yang diaadakan disini. Hal menariknya adalah kamu tidak perlu repot dengan urusan transportasi karena ada bus jurusan JB sentral – Danga Bay. NB : disini kamu bisa menemukan makanan murah kurang dari 5 MYR tentunya.
 
Salah satu sisi Danga Bay yang suasanya seperti di Hongkong
Jangan lupa mampir ke Istana Sultan. Gemerlap lampu taman maupun air mancur di depannya banyak menarik minat warga lokal untuk berkunjung. NB : masih jarang turis kesana karena tidak adanya bus menuju Istana dan juga karena lokasinya yang tepat disamping jalan besar.
Mahkota yang bersinar di depan gerbang istana
Air mancur yang berwarna-warni di depan istana

Selanjutnya wisata yang menjadi ikon dari Johor tentunya adalah Legoland. Mulai beroperasi sekitar tahun 2012, area ini cocok untuk bersantai meskipun untuk segala usia. Disekitar Legoland terdapat kafe dan juga terkadang ada pertunjukan yang dapat dinikmati saat kamu punya waktu luang disini. Banyak bus yang tersedia dari JB sentral ke Legoland walaupun lokasinya cukup jauh dari kota.


Museum Layang-layang. Mungkin jarang terdengar tapi kalau kamu masuk ke dalam, kamu akan melihat banyak laying-layang dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Bahkan Johor Bahru terkenal dengan festival laying-layang yang diadakan di bulan Februari setiap tahunnya. Sayang kami berkunjung di bulan oktober jadi hanya bisa menyasikan koleksi layang-layang.
 NB : berlokasi di Pasir Gudang yang cukup jauh, jadi mungkin kamu perlu kendaraan pribadi atau teksi (taksi) karena Halte bus pasir Gudang cukup jauh dari sini. Tiket masuk 3 MYR untuk orang asing, lokal seharga 2 MYR. Kalau sedikit gunakan bahasa melayu, mungkin dapat 2 MYR (pengalaman pribadi).

Museum Layang-layang (Malaysian = Wau)

Kalau mau alternative lain menikmati malam Johor adalah Pasar Karat, semacam pasar malam yang menjual banyak barang dengan harga miring. Kamu bisa cuci mata di pasar karat sambil menikmati Singapura dari seberang lautan. Disini Johor Bahru terlihat sangat gemerlap waktu malam terlebih, lokasi 0 km dari kota ini ada disini. NB : lokasinya tidak jauh dari JB sentral, tapi tidak ada bus kesana. Jadi kamu mungkin bisa jalan kaki 15 – 20 menit.


Johor Bahru 0 km
Jalan di depan pasar Karat dan tepat di tepi selat Singapura
Tidak jauh sana pun kamu bisa mencoba ke Chinatown yang serba merah maupun Little India dengan kuil Sri Mariammannya dan wewangian khas India sepanjang jalan,Disini kamu bakal merasakan pencampuran 3 etnis yaitu melayu, china dan india yang mana meskipun mereka tidak akrab, tetapi juga sangat jarang terjadi kerusuhan. NB : kamu cukup jalan kaki 10 menit dari Pasar Karat.
Little India yang wanginya gag nahan
Sri Mariamman Temple Johor
Lapar? Banyak kuliner disini mulai dari masakan melayu, india hingga china. Salah satu makanan yang cukup populer dari India adalah nasi briyani yang bisa kamu temukan di berbagai sudut kota. Kalau kamu terganggu dengan aroma kari india yang cukup kuat, tahanlah sebentar, karena rasanya sangat enak. Recommended food!
Voila. Nasi Briyani Ayam.
So? Banyak alternatif liburan yang murah meriah. Kalau kamu mungkin sudah bosan dengan Singapura atau Kuala Lumpur, atau cuma ada budget terbatas, Johor bisa menjadi opsi terbaik. Lokasi yang strategis diantara KL dan Singapura dan juga banyak penerbangan langsung dari berbagai kota besar di Indonesia. Tiket? Memang mahal jadi kamu harus pinter-pinter cari tiket promo. Pengalaman kemaren dapt 600rb Jogja-Johor PP. Murah tapi tidak terlalu murah, tapi yang jelas jauh lebih murah dari harga standar sekitar 1 juta. Atau kamu bisa akalin dengan masuk dari Singapura atau Kuala Lumpur dengan terbang dari Jakarta, Bandung atau Surabaya. 
Jadi sisakan waktu luangmu untuk bersantai disini dan nikmatilah geliatnya kota yang terletak di ujung selatan daratan Asia ini.
Jom jom tengoklah ko ke Joho, negeri yang seronok ini :)
#travelling #international #Malaysia #Johor

Comments

Popular posts from this blog

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya