Merahnya Pulau dan Ijonya Teluk

Hari pertama di Banyuwangi kami agendakan untuk berkeliling ke beberapa pantai yang ada. Kami sengaja menunda untuk mencari api biru karena kami lebih memilih pantai dahulu baru api biru di kawah Ijen. Setelah diskusi akhirnya kami putuskan ke pantai pulau merah dan pantai teluk ijo (ijo dalam bahasa indonesia berarti Hijau). Lalu dilanjutkan kawah Ijen dan taman nasional Baluran yang mulai tengah malam nantinya.
Taraaa Let’s go!
1. Pantai Pulau Merah
Adanya pulau merah menjadi asal usul nama pantai
Pantai ini cukup dikenal karena telah menjadi tempat untuk berbagai event internasional. Bahkan di akhir September yang tentunya kami sudah tidak disana akan diadakan kompetisi selancar internasional. Disebut pulau merah karena adanya pulau merah berupa gundukan tanah dengan rimbunan popohonan di pantainya. Hal ini menambah keindahan pantai ini.

Selamat datang di Pantai Pulau Merah

Jarak pantai ini hanya sekitar 60 km kearah selatan. Dapat ditempuh dengan kendaran pribadi maupun kendaraan umum. Karena kami menyewa motor, maka kami tempuh selama 2 jam melewati perkampungan dan pedesaan yang masih asri dengan mengandalkan GPS. Tapi tanpa GPS pun tidak akan tersesat karena petunjuk jalan ke pantai ini  sudah tersedia bahkan puluhan kilometer dari pantai. Jalanan aspal yang mulus tidak menjadi hambatan berarti sehingga perjalanan lancar selama sekitar 2 jam.
Sesampainya disana kami bersantai sejenak di kursi payung yang disediakan. Kami cukup membayar 20 ribu selama sejam bersantai.

Bersantai di beach chair set sembari melepas lelah

Inilah Pulau Merah itu

Deretan beach chair set yang sepi

Pantai yang indah seakan membuat kami ingin melewatkan siang hari dengan tidur di tepiannya. Namun karena itu adalah hari selasa maka pantai terlihat sepi, karena seperti pantai lainnya, pantai ini akan ramai pada akhir pekan maupun hari libur.
Sayangnya pantai sepi karena hari kerja

2. Pantai Teluk Ijo
Pantai yang dikenal juga dengan nama Green Bay Beach ini belum memiliki nama sementereng Pantai Pulau Merah. Akan tetapi lokasinya yang lumayan terpencil membuat rasa lelah hilang seketika mencapai bibir pantai dan menikmati hembusan ombak yang menyapu tepian pantai.
Sebenarnya pantai ini hanya berjarak sekitar 25 km dari Pulau Merah, akan tetapi jalanan yang menantang membuat waktu tempuh menjadi lebih lama.
Sangat direkomendasikan untuk menggunakan mobil karena dengan motor, perjalanan menjadi lebih lama dan kurang nyaman karena berkali-kali motor harus aspal rusak, kerikil bahkan batuan kecil.
Kami melewati area PTPN XII hingga akhirnya masuk ke perkampungan yang dengan jalanan cukup rusak mengantarkan kami ke pantai Teluk Ijo. Bahkan kami sempat melalui jembatan sepanjang kurang lebih 100 meter dengan konstruksi kayu yang cukup menegangkan saat kami melintas di atasnya. Akan tetapi disinilah serunya.
Jembatan Kayu yang cukup ngeri untuk dilintasi
Akhirnya sampai juga kami di pantai. Pemandangan cantik sepanjang pantai seolah membayar lunas. Sesampai di pantai ini, seperti biasa kami ambil gambar untuk dokumentasi lalu bersantai sejenak. Kami tak bisa berlama-lama karena kami harus segera pulang untuk menghindari malam di jalanan pulang.

Akhirnya dalam satu hari kami hanya dapat 2 pantai. Tapi trust me it is totally worth. Semuanya mantap. Perjalanan mulus ke Pulau Merah lalu dilanjutkan perjuangan menaklukkan jalan rusak ke Teluk Ijo. Totally satisfied!!
Setidaknya kami bisa menikmati merahnya pulau dan hijaunya teluk dalam satu hari ini. Lalu kami lanjutkan perjalanan pulang untuk menyiapkan diri demi perburuan api biru dini hari nanti..
NB: kalau mau mengunjungi 2 pantai ini, sediakan waktu 1 hari, dan usahakan sampai di pantai Teluk Ijo jam 2 jadi masih bisa bersantai setidaknya sampai jam 4, kalau tidak ingin terjebak malam di perjalanan.
Itinerary yang bisa digunakan (kendaraan pribadi, maaf kemaren tidak naik angkot, bisa sewa motor/mobil) :
Start dari kota jam 8 pagi, perjalanan 2 jam. Habiskan waktu 2 jam di Pulau merah lalu berangkat lagi jam 12 untuk kemudian sampai di Teluk Ijo jam 2. Ada waktu sekitar 2 jam untuk menikmati sebelum jam 4, lalu melanjutkan perjalanan pulang.
Alternatif lain adalah pantai Plengkung yang cukup terkenal tapi kami tidak sempat kesana.
Enjoy Banyuwangi Beach yohooooo !!

#travelling #local #Banyuwangi #beach

Popular posts from this blog

Ijen-Baluran dalam sehari

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya