Gini doang pendidikan kita?

Kalo ngomongin soal pendidikan, entah kenapa selalu kepikiran masalah dan masalah. Dari jaman perang ampe sekarang selalu aja masalah. Mulai dari biaya yang mahal yg berakibat orang miskin gag bisa sekolah sampai sistem rangking yang justru tidak mendidik siswa. Semboyan 9 tahun wajib belajar, yang sekarang ganti jadi 12 tahun sepertinya gag bakal tercapai. Bayangin deh, kalo biayanya aja mahal banget gimana orang yg gag punya bisa bayar? Waduh parah ini. Dari dulu cuma ngomong sekolah gratis sekolah gratis tapi kapan? Waduh keburu berumur deh -_- gag kaget rasanya kalo kita ngliat pendidikan kalah jauh dari negara-negara maju seperti US, Jepang, Jerman. Jangankan mereka, lingkup Asean aja kita udah kalah jauh. Mau sampai kapan ini? Tetangga sebelah keburu jadi manajer kita masih ujian, masa gitu? Hehe jangan sampai deh.
Terus kalo nilai, knapa sih siswa dituntut harus mengejar rangking? Apa itu penting? Gag kasian ama siswa yg dapet rangking terbawah? Haduh ini namanya bukan pendidikan kalo Cuma dituntut kejar nilai atau IP untuk kemudian bersaing dapetin rangking. Ckckck. Yg terbaru coba liat fenomena Unas. Masa siswa belajar 3 tahun nasibnya ditentuin hanya dalam beberapa jam. Trus pelajaran lainnya dikemanain? Kalo boleh nyontek, kita liat Finlandia. Negara kecil dengan 5 juta jiwa penduduk yang bisa menduduki peringkat pertama dalam bidang pendidikan. Kualitas pendidikan yg maknyus terlihat dari tidak adanya persaingan memperbutkan nilai. Siswa yg dapet nilai jelek bahkan terjelek justru tidak merasa malu atau terpojok. Mereka diperhatikan lebih oleh para guru untuk kemudian diarahkan sesuai minat mereka.
Ingat kan ama film Three idiot? Coba apa pesan tersirat dari film itu? Kampus sebagai tempat untuk mendidik keledai sehingga ada mahasiswa yg bunuh diri. Haha . mungkin si Rancho (Phunsuk Wangdu) dianggap sok pinter bahkan berani menggurui Virus. Tapi liat deh,ternyata apa yg dia bilang emang bener. Mungkin negara Finlandia sudah jauh di depan dan menjadi contoh bagi film three idiot untuk kemudian disampaikan pesan tersebut.
Bukannya mau ngejelekin atau gag nasionalis, cuma ak lebih cocok aja ngliat sistem di Finlandia. Kalo Indonesia bisa nerapin itu dijamin deh, orang Indonesia gag kalah ama USA, Jepang dll.
Hahaha. No offend lho,  this is only my opinion and a little criticof our education system 

Comments

Popular posts from this blog

Ijen-Baluran dalam sehari

Wisatawan China Perpanjang wisata di Bali akibat Wabah Virus Corona

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya