Jalan menuju kesana

Semacam orang penting kali ya? Senin masih di jogja, selasa di jakarta dan rabu pagi udah di jogja lagi. Begitulah yg aku lakukan. Pergi ke Jakarta untuk mengerjaka tes A1 Goethe alias tes bahasa jerman. Terkesan lebay banget kalo orang tau, karena jauh2 dari jogja ke jakarta cuma buat tes apalagi bayar 80 euro, kalo dirupiahin sekitar 850 ribu. waoww mahal banget . tapi gapapalah, demi mimpiku buat pergi ke negara Panzer, apapun kulakukan #prinsip. Sekedar info aja, kalo mau buat visa ke jerman, visa studi, kerja dll itu harus punya minimal sertifikat bahasa A1. Wajar lah, mereka kan bangga ama bahasa sendiri, dan jerman termasuk negara yg kuat bahasanya. That's why i love it :)
Entah sengaja ato gag, kami berangkat tes bahasa jerman hanya 2 hari setelah seantero jerman berpesata menyambut keluarnya Bayern Muenchen sebagai juara eropa. serasa jerman banget :D

singkat cerita, ujian A1 dilakukan tiap bulan tapi aku ambil bulan Mei 2013 bareng ama temen namanya ireng (25, cook). Kami berdua cari tiket jauh hari sebelumnya dan dapetlah tiket pulang pergi jogja-jakarta. setelah mendaftar dan bla-bla-bla, pada h-1 kami bersiap di stasiun untuk berangkat ke jakarta.
Perjalanan dengan kereta g**abaru malam lumayan lah, gag tenang tapi jg gag berisik. Di kursi belakang ada segerombolan bapak2 dari surabaya ngomong kenceng banget dengan logat cak-cuknya -__-
Sampai di stasiun pasar senen, kami langsung cari sarapan. Dan menuju tempat ujian, hanya bermodalkan GPS, karena kami emang niat jalan *padahal karena jaraknya deket, cuma 3 km dari senen* kami berjalan seolah-olah turis melalui jalan2 macet di ibukota. Bahkan sesekali kami ambil gambar di tugu tani. *narsis di kota orang*.
Beberapa menit kemudian sampailah kami di Goethe, rumah budaya dan tempat belajar bahasa jerman. Waow it's wonderful!!
horeee ,das ist Goethe Institut Jakarta !

Gag pake basa basi kamipun langsung belajar mumpung ujian jam 10.00. Rugi lah ya kalo kami gag belajar karena biaya ujiannya aja 850 ribu -_-  Aku liat ruangan dan dapet ruang 12 buat ujian nulis, dengerin dan baca. sedangkan ujian ngomong jam setengah 3 -_- akhirnya ujain mulai dan seperti biasa suasana tegang menantang. hape dimatikan dan alat tulis dimasukkan. Di meja cuma boleh ada kartu ujian dan identitas (paspor ato ktp). Listening cukup bisa laa, jadi yakin deh ama hasilnya besok :D Abis itu kelar jam 12 ada dan nungguin sampe jam setengah 3.
selama nungguin kami ngobrol2 sama beberapa kenalan, ada febri dari unpad, siendy dari surabaya dan mba suci dari jakarta. Sambil makan siang kami ngobrol banyak, ternyata kami punya motivasi berbeda untuk menuju jerman. Mba suci pengen ngikutin calon suaminya, siendy mau jadi au-pair (babysitter), febri juga pengen jadi au-pair, aku pengen studi kesana (amin taun depan) dan ireng pengen kerja di kapal punya perusahaan jerman, entah apa namanya :p. Kami makan siang bersamaan ada seminar tntg budaya dan pndidikan jerman, yg dateng itu salah satunya lektor Goethe Indonesia entah sapa namanya hehe
Makan siang di kantin Goethe Haus Jakarta

Setelah itu kami ujian lisan, dan alhamdulilah ujian lancar, Penanya orang indo sih tapi yg nilai orang jerman asli. Gpp lah, ich bin sicher bei meinem Anwortet! Jam 4 akhirnya satu per satu mulai pulang. Dan kami berdua kembali berjalan menyusuri macetnya jalanan ibukota menuju stasiun senen. Sempat makan dulu di KFC, berlagak orang kaya, padahal cuma mau ngabisin waktu karena kereta kami baru berangkat jam 22.00 :) dan akhirnya kami sampai di stasiun senen dan kembali ke jogja dengan perasaan harap-harap cemas semoga sertifikat A1 didapet. Amiin :)
Satu pelajaran yg aku dapet dari perjalanan singkat ke jakarta. Berkorbanlah apapun demi mimpimu, jangan takut akan masalah baik itu usia, biaya, tenaga dll. Banyak peserta yg dateng dari luar jawa ke jakarta, banyak pula yg udah kepala 4 masih semangat ujian. Apalagi aku yg masih kepala 2, masih kuliah dan hanya di jogja yg notabene masih di pulau jawa juga *walau org jakarta bilang jawa itu cuma jateng jogja dan jatim, sh.tt* yg penting tetap sehat tetap semangat, jalani harimu dan penuhi mimpimu.
Buat ak pribadi dan teman2 sesama peserta ujian inget, Jerman itu dekat, dan jerman akan menantimu selama kamu berusaha mendatangi. Smakin keras kamu berusaha, semakin keras pula kamu jatuh. Tapi inget semakin keras kamu jatuh maka semakin deket kamu dengan mimpimu.
Denkst wie du koennen denktst, macht wie du machen kannst.
Also bleiben Sie an Gott, dass du sagen willst : Ich will nach Deutschland fliegen! :)

Popular posts from this blog

(Harusnya) Bayarlah upah sebelum kering keringatnya